Next Post
Rabu, 4 Agustus 2021

SBT Resmi Canangkan Vaksinasi, Ini Pesan Bupati

Vak

Share this:

Bula, Kabarnyata.com– Pencanangan kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Seram Bagian Timur telah dibuka dengan resmi oleh Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten SBT. Syarif Makmur. Kamis, 04 Februari 2021. Berikut ini sambutannya.

Sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, sebenarnya dapat terbentuk secara alami ketika seseorang terpenuhi penyebab virus atau bakteri. Namun, inveksi virus kotona memeliki risiko kematian dan komunitas yang tinggi. Oleh karena itu, metode lain diperlukan untuk membangun sistem imunisasi tubuh, adalah vaksinasi imunisasi. “ungkap Syarif pada sambutannya mewakili Bupati SBT.

Kata Bupati Seram Bagian timur Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Syarif Makmur bahwa, Dengan vaksinasi covid-19 resiko anda terjangkau virus ini akan jauh kecil. Meskipun orang yang telah dipindah terhubung dengan covid-19. Vaksin dapat mencegah gejala dan komplikasi berat, sehingga jumlah orang yang sakit atau meninggal akibat covid-19 akan menurun.”ujarnya

Dikatakannya, Perlu diketahui bersama bahwa, tujuan kegiatan vaksinasi ini sendiri sebenarnya sangat dari kompleks dan tentunya sudah melalui kajian dan pertimbangan ilmiah, yaitu : selain untuk mengurangi penularan covid-19 atau menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19. Vaksinasi ini dapat menciptakan kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, melalui peraturan Presiden nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penaggulangan pandemi covid-19 menjadi dasar hukum untuk dilaksanakannya vaksinasi covid-19.

Mewakili Bupati SBT, kata Syarif Makmur, terkonfirmasi positif covid-19 saat ini berjumlah 47 orang dengan status akhir penderita sembuh 100%. Jika dianalisa dengan mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya, mobilitas penduduk yang tinggi dari wilayah merah, tipe masyarakat yang tertutup bahkan cenderung tidak percaya pada covid-19, kesadaran masyarakat yang rendah akan kondisi kesehatan baik dalam pelaksanaan protokol covid-19 maupun upaya mendapatkan pelayanan.

“Kesehatan pada masa pandemi serta adanya manifestasi klinis yang ringan bahkan tanpa gejala, dapat disimpulkan bahwa masih banyak kasus positif covid-19 yang tidak atau belum terjaring oleh tenaga kesehatan.”tutur sekda dalam sambutannya itu.

Kata Srkad, sebagai upaya dan tindakan proteksi covid-19 dari dalam tubuh, khususnya bagi masyarakat kabupaten seram bagian timur. Kegiatan vaksinasi tahap pertama segera dilakukan yang kemudian dilanjutkan dengan tahap selanjutnya sesuai jadwal pelaksanaan vaksinasi. Adapun vaksin telah berikan oleh dinas kesehatan Provinsi Maluku pada tanggal 25 Januari 2020. 2480 dosis dengan target 1240.”ungkap Syarif Makmur saat membacakan sambutan mewakili Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas.

“Sinovac tahap pertama diberikan kepada para tenaga kesehatan (Nakes), pejabat publik dan tokoh masyarakat. Dengan penyuntikan perdan pada pencangan hari ini diberikan kepada pejabat publik forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). Perwakilan organisasi profesi kesehatan dan ketua KNPI. Peserta vaksinasi akan melalui pendaftaran dan skrining kondisi kesehatan sesuai standar ketentuannya sebelum diberikan vaksin tersebut.”ujarnya

Upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19 di Kabupaten Seram Bagian Timur tentunya menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah daerah maupun seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan vaksinasi covid-19 yang merupakan upaya dan tindakan proteksi dari dalam tubuh selain tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Akhirnya pada hari ini 04 Februari 2021, dengan mengucapkan “bismillahirrahmanirrahim, pencanangan kegiatan vaksinasi covid-19 di kabupaten seram bagian timur, saya nyatakan dibuka dengan resmi.****KN-04

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

IKLANNN

Recent News