Next Post
Selasa, 2 Maret 2021

Satgas Aman Nusa II Penanganan Covid Polda Maluku Dikerahkan 

Aman Nusa

Share this:

Ambon, Kabarnyata.com- Tim operasi Aman Nusa II Polda Maluku, terus dikerahkan untuk Penanganan Covid-19. Mereka melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan, pengamanan penyimpanan vaksin, patroli keamanan dan penyemprotan cairan disinfektan, Selasa (2/2/2021).

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Polda Maluku dikerahkan menyasar sejumlah tempat rawan penyebaran virus pandemi. Yaitu pemukiman penduduk dan fasilitas umum yang berada di Kota Ambon.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengungkapkan, saban hari pasukan Ops Aman Nusa II ini diterjunkan melakukan sosialiasi protokol kesehatan terhadap masyarakat.

“Tim Ops Aman Nusa Dua juga melaksanakan patroli jalan raya, melaksanakan pengaturan di jalur yang rawan macet dan padat kerumunan serta melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan,” kata Ohoirat.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku, sebelum melaksanakan aktivitas di lapangan, puluhan personil yang terlibat dalam operasi menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan kondisi kesehatan.

Pemeriksaan sebelum diterjunkan, kata Rum, dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka. Ini dilakukan agar operasi Aman Nusa II berlangsung maksimal.

“Jadi selama pelaksanaan operasi di lapangan kondisi personil selalu di pantau. Dengan kondisi personil yang sehat dan stabil akan berdampak pada pelaksanaan tugas dan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Pemantauan kesehatan personil sebelum dan sesudah menjalankan tugas, tambah Rum, penting dan utama dilakukan. Sebab, tugas yang diemban mereka adalah berhadapan dengan banyak orang, dari latar belakang dan asal berbeda.

“Mereka ini berhadapan dengan banyak orang yang dimungkinkan akan rentan membawa virus dan menularkannya kepada orang lain,” ungkapnya.

Untuk diketahui, belasan personil Polda Maluku sebelum melaksanakan tugas melakukan apel pengecekan dan kesiapan yang dipimpin AKBP J. Wattimena. Tim terdiri dari 2 personil Bidang Humas dan 14 personil Ditsamapta Polda Maluku.

Terpisah, untuk penyemprotan cairan disinfektan terdiri dari personil Sub Satgas Brimob Polda Maluku. Penyemprotan melibatkan 10 personel Subden III KBR Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku. Tim dipimpin perwira pengendali Iptu A. Manulang.

Lokasi penyemprotan mulai dari kawasan pemukiman penduduk, maupun fasilitas umum. Yaitu Kawasan Jalan Jendral A. Yani, Yan Paays, Pertokoan Lorong Makro, Kantor Pos, Halte Pattimura, Setiabudi, Philip Latumahina dan Jl. Said Perintah.

Selain itu, juga di Kawasan Jalan Dr. Apituley, Dr. Latumenten, Sultan Babullah, Yos Sudarso, Pelabuahan Yos Sudarso Ambon, Jalan Pala, Terminal Mardika, Lorong Pasar Mardika dan Kawasan Jalan Pantai Mardika Ambon.

Sementara untuk personil Subsatgas Direktorat Samapta Polda Maluku,  melaksanakan patroli di sejumlah ruas jalan raya. Mereka juga melakukan pengaturan arus lalulintas, penjagaan dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Beberapa lokasi patroli dan sosialiasi protokol kesehatan yaitu mulai dari kawasan Batu Gaja, Urimesing, Perempatan Tugu Trikora, Batu Gantung, Air Salobar, Waringin, Talake, Soabali, depan Masjid Al-Fatah, Pertigaan Ongko Liong, turunan JMP Galala, JMP Poka, dan Pangkalan Speed Kota Jawa.

Tim Ditsamapta juga menuju kawasan pangkalan ojeg Durian Patah, Pasar Transit, Desa Batu Merah, Jalan Pattimura, Depan Polsek Sirimau, Jalan AY. Patty, AM. Sangaji, Depan RS GPM, RST Latumeten, RSUD Kudamati, Kelurahan Waihaong, dan Pelabuhan Yos Sudarso.

Juga di kawasan Pelabuhan Slamet Riyadi, Pasar Mardika, Kantor Balai Diklat Wailela, Balai Diklat Perikanan, Balai Diklat Agama, Desa Nania Ambon, Gudang Farmasi Pemprov Maluku dan instalasi Farmasi  Kota Ambon.

“Untuk hari ini pelaksanaan patroli, penjagaan, pengaturan, penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pentingnya ketaatan terhadap protokol kesehatan dalam rangka operasi Aman Nusa Dua berjalan dengan lancar hingga selesai,” tandas Rum.*** KN-02

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *