Next Post
Rabu, 28 Juli 2021

Kemenag Maluku Gelar Kompetensi Jabatan Administrator Digelar

Inmas1

Share this:

Ambon, Kabarnyata.com– Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menggelar uji kompetensi jabatan administrator sebagai bentuk implementasi Peraturan Menteri Agama (Permenag) RI Nomor 1 Tahun 2020 dalam rangka menguji seluruh pejabat eselon III di lingkungan Kanwil Kemenag Maluku.

Pelaksanaan uji kompetensi tersebut secara resmi dibuka Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis. Hadir mengikuti seremonial pembukaan seluruh pejabat eselon III/IV dan ASN dengan menerapkan prokes memakai masker dan menjaga jarak. Adapun assessor yang menguji peserta uji kempotensi adalah Dr. Abidin Wakano dan M. Nur Matdoan.

“Ini merupakan wujud nyata dari jiwa reformasi birokrasi kita yang menekankan bahwa pengelolaan dan penempatan jabatan harus melalui tiga aspek, kualifikasi, kompetensi, dan kinerja,” ujar Kakanwil saat menyampaikan sambutan di Aula Kanwil Kemenag Maluku, Rabu (3/2).

Kakanwil menjelaskan, uji kompetensi ini sedianya meliputi sisi teknis, manajerial dan sosial. Namun ada yang lebih ditekankan lagi meskipun tidak disebutkan dalam peraturan, yaitu kompetensi spiritual.

“Kompetensi spiritual di sini lebih kami tekankan, karena institusi ini bergerak di bidang pembangunan keagamaan dan sebabnya seluruh pejabat yang di uji harus memiliki wawasan agama secara luas, karena tugas lembaga ini untuk membentuk masyarakat Maluku yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

“Olehnya itu, sekalipun tidak termasuk dalam tiga kategori kompetensi, namun saya tetap amanatkan kepada para assessor untuk menggali pengetahuan para peserta dari segi keilmuan spiritual, terutama wawasan moderasi beragama sebagai program prioritas Menteri Agama RI saat ini,” imbuhnya.

Pelaksanaan uji kompetensi ini diharapkan membawa kemaslahatan bagi upaya untuk mewujudkan institusi Kementerian Agama Provinsi Maluku yang berkinerja tinggi.

“Uji kompetensi ini juga diharapkan bisa melahirkan para pejabat yang berkualitas karena di uji secara independen dari assesor di wilayah eksternal Kanwil Kemenag Maluku,” harapnya. *** INMAS-ZAm

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

IKLANNN

Recent News