Next Post
Sabtu, 27 Februari 2021

Gubernur Canangkan “Gerakan Jumat Berkuda” di MBD

FB_IMG_1606655136891

Share this:

Maluku, Kabarnyata.com– Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Gubernur Maluku, Bpk. Murad Ismail, mencanangkan Gerakan Jumat Berkuda di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Minggu 29 November 2020.

Gerakan Jumat Berkuda mewajibkan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten MBD pada setiap hari Jumat menjadikan kuda sebagai sarana trasportasi ke kantor. Dengan kata lain, kuda menjadi transportasi pelat merah di daerah ini.

Pencanangan Gerakan Jumat Berkuda dilakukan di kaki Gunung Kerbau, Pulau Moa, tepatnya lokasi rumah singgah Agrowisata Kerbau Moa, Desa Tounwawan, Kecamatan Moa, yang berhadapan langsung dengan Gunung Kerbau yang ikonik itu.

Gunung Kerbau sendiri adalah salah satu destinasi dan ikon wisata di MBD. Gunung yang menghadirkan sensasi berbeda, karena adanya gradasi padang sabana yang ditumbuhi rumput kering coklat kemerahan laiknya dataran Afrika itu, telah menorehkan prestasi sebagai dataran tinggi terpopuler nomor tiga di Indonesia dalam ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2019.

Di sekitar kaki Gunung Kerbau ini, dapat dijumpai kerbau-kerbau Moa serta kuda khas daerah ini. Gubernur mengakui, kuda adalah sarana transportasi tradisional masyarakat MBD yang sampai saat ini masih terjaga.

“Ini salah satu bentuk kearifan yang harus tetap terpelihara, karena menjadi identitas dan ciri khas serta keunikan daerah ini,” kata Gubernur. (*)

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *