Next Post
Sabtu, 15 Mei 2021

Bina Keluarga Sakinah, Kemenag Maluku Gelar FGD

Kemenag

Share this:

 

Ambon, Kabarnyata.com– Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Tata Usaha (TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku M. Yasir Rumadaul mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Kualitas Layanan KUA dan Rapat Evaluasi Pelaporan Program Bina Keluarga Sakinah TK. Provinsi Maluku Tahun 2020 di Hotel Golden Palace, Rabu (16/12).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku tersebut turut dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku beserta pejabat eselon IV lingkup Kemenag Kota Ambon dan para tamu undangan lainnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku M. Yasir Rumadaul mengatakan Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan garda terdepan pelaksanaan tugas-tugas Kementerian Agama di Kecamatan.

Ia menempati posisi sangat strategis dalam upaya pengembangan iman dan taqwa serta pembinaan kehidupan keagamaan di masyarakat.

“Untuk itu KUA Harus mampu mengembangkan perannya lebih dari sekedar moderasi beragama, pengembangan kerukunan antar umat beragama, meredam gejolak sosial masyarakat, serta peran ekstra untuk menyampaikan pesan-pesan agama kepada masyarakat,” kata Kabag

Pada kesempatan tersebut Plt. Kabag TU mengatakan, program bina keluarga sakinah di desain agar calon pengantin memiliki bekal pengetahuan, keterampilan hidup tentang kesadaran bersama dalam memperkokoh komitmen mengatasi berbagai gejolak, konflik keluarga yang akan menghadang dimasa depan.

“Sehingga pemberian bekal bagi calon pengantin ini sangat penting dan strategis sebagai upaya awal bagi pengembangan kehidupan berkeluaga, berbangsa dan bernegara, olehnya itu melalui rapat evaluasi dan pelapiran ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” jelas Kabag.

Sebelumnya Ketua Panitia Latif Wabula dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mewujudkan pelayanan pencatatan nikah yang prima pada KUA Kecamatan sehingga dapat meningkatkan indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KUA.

“Selain itu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan terkait program bina keluarga sakinah dan menghimpun saran agar mewujudkan laporan yang akurat, terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Wabula selaku Kasi Bina KUA Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan FGD Fasilitasi Layanan KUA berjumlah 10 orang, sementara peserta Rapat Evaluasi Pelaporan Program Bina Keluarga Sakinah TK. Provinsi Maluku berjumlah 20 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari.*** Inmas-RS

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *