Next Post
Selasa, 20 April 2021

Berpikir Cerdas-Langkah Cepat, Hanubun Diakui Piawai Bangun Malra

Hanubun

Share this:

Langgur, kabarnyata.com– Kemajuan di daratan pulau kei besar terlihat nyata adanya oleh kepemimpinan putra terbaik asal kei kecil. Kepiawaian M Thaher Hanubun dan Wakilnya telah berhasil menutup peluang keterisolasian, ketertinggalan. Memenuhi ruang-ruang hampa pembangunan, membuka babak baru pembangunan masyarakat Malra yang berkemajuan di era Millenial.

Hal ini diakui Mantan Pengurus DPD Partai Golkar provinsi Maluku M Dahlan Wear kepada wartawan di Langgur, Sabtu (06/03).

Poitisi kawakan itu mengapresiasi terebosan yang dilakukan pemerintah Maluku Tenggara (Malra) dalam percepatan pembangunan di pulau kei besar.

“Itu dilakukan sejak awal kepemimpinan pak Hanubun dan Pak Beruatwarin. Kinerja keduanya cukup memberikan dampak, pasca di lantik di bumi larwul-ngabal ini,” akui Wear.

Dirinya menganilisa sejak awal pemerintahan dibawa pimpinan Hanubun memberikan tanda-tanda baik. Pemerintah Malra dengan niat yang kokoh untuk memajukan pulau kei besar, lewat jaringan & kemampuan yang dimiliki.

“Pendek kata beliau ingin daerah Malra secara keseluruhan harus merasakan kemajuan yang sama dalam pemerataan pembangunan secara menyeluruh, dimana kecamatan kei besar selatan barat yang letaknya di ujung pulau kei besar bagian selatan, semua daratan pulau itu telah di aliri aliran listrik yg menerangi desa-desa di wilayah itu,” akuinya.

Bukan saja menyoal pembangunan yang diupayakan merata di kabupaten dengan spoot wisata terbayak itu. Segi pemerintahan setingkat desa dengan antusias diperhatikan pihaknya.

Dicontohkan desa Langgiar. Dimana merupakan desa induk dari keluarga besar Mel Yam Fak. Dalam kurun waktu 20 tahun lebih dipimpin soerang pejabat kepala desa.

Hari ini, telah diatasi oleh Bupati Hanubun. Impian masyarakat desa Langgiar mempunyai kepala desa definitif telah dijawab.

“Saya sebut desa Langgiar. Perlu diketahui, sejumlah desa di Malra telah keluar dari sistem penjabat sementara. Dan sudah punya kepala yang definitif. Saya kira ini kebutuhan dasar jika hendak membangun,” akuinya.

Wear yang belakangan diketahui menjabat Korda BKPRMI Malra dan kota Tual menilai kehadiran seorang pemimpin religius Hi. M Thaher Hanubun membawa rahmat bagi negeri.

Bgaiamana tidak, Hanubun kata Wear telah memperjuangkan ujung pulau kei besar selatan barat sebagai daerah perbatasan, yang telah di tetapkan oleh negara sebagai daerah perbatasan republik indonesia.

“Ini sangat berdampak pada pembangunan infrastruktur maupun perekonomiandi wilayah selatan barat,” ungkapnya.

Dia mengendus, dengan adanya penetapan selatan barat sebagai daerah perbatasan NKRI, sehingga kehadiran satu badan (OPD) pada lingkup pemda Malra, yaitu (badan perbatasan),

“Kehadiran badan perbatasan, membawa manfaat positif untuk Malra, melalui (badan perbatasan) mampu mendatangkan anggaran dari pemerintah pusat ke daerah lewat badan perbatasan tersebut. dalam rangka percepatan pembangunan di daerah perbatasan, sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat, sehingga arus kemajuan semakin dekat pula dengan kehidupan masyarakat Malra lebih khusus masyarakat di daratan pulau kei besar selatan barat,” paparnya.

Terobasan khusus yang dilakukan di wilayah perbatasan oleh Pemda Malra baru-baru ini, tidak lain hanya mempromosikan daerah baru, agar fokus pembangunan mencapai batas maksimal baik dari Pempus, Provinsi maupun Pemda Malra sendiri.

“Itu endingan pencapain yang dilaksanakan dalam bentuk kirab pera puti dan itu juga dapat mempertegas indentitas ke-Indonesia-an dengan tajupan, Beta Kei Beta Indonesia,” tegasnya.

Diakhir keterangannya, Wear menaruh harapan serta menyampaikan syukur pasca tiga tahun kepemimpinan Hanubun di bumi bertajuk ain ni ain, mengalami perubahan.

“Kecintaannya membawa negeri ini menjadi maju dan berkualitas dalam kehidupan masyarakat atas kemajuan yang dirasakan. Kita tetap solid untuk kepentingan perubahan yang berkemajuan di Malra,” pungkasnya.

Terpisah terpisah kepala Ohoi Rahanggiar, Hasan Fakoubun bersama warga masyarakat Ohoi Rahanggiar juga menyampaikan ucapan dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Maluku Tenggara.

Terimakasih kepada kesolidan Drs.Hi. M. Thaher hanubun dan Ir. Petrus Beruatwarin yang mendapinginya.

“Mereka telah melantik kembali kepala Ohoi definitif di Ohio Rahanggiar di awal kepemimpinannya. Impian panjang yang sudah di rindukan sejak 20 silam oleh kami masyarakat dan impian itu telah di rasakan saat ini,” singkat kepala Ohoi Rahanggiar Hasan Fakoubun.*** KN-010

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *