Next Post
Selasa, 20 April 2021

Anggota MPR RI: Kader PKS Junjung Tinggi Empat Pilar Dalam Berpolitik

IMG-20210323-WA0002

Share this:

KABARNYATA.COM – Anggota MPR RI, Saadiah Uluputty, menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Sabtu (20/03/2021).

Dihadapan kader PKS Maluku, Uluputty mendorong hadirnya integrasi penerapan nilai-nilai empat pilar MPR RI dalam realitas di Politik di PKS.
“Nilai-nilai empat pilar MPR RI ini hendak dijadikan sebagai kekuatan moral dalam berpolitik,” ungkapnya.

Uluputty menyebut para Kader PKS sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai empat pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Lantas, dirinya meminta untuk penerapan nilai-nilainya semakin ditingkatkan dalam ruang lingkup yang lebih luas.

“Ini menunjukkan pemahaman yang sudah tertanam sebagai kader partai politik, yang tentu mengedepankan politik nilai dan gagasan” ujarnya.

Lebih lanjut, perwakilan Maluku di Senayan itu memaparkan terkait sejarah terbentuknya lembaga MPR RI, dimana pada awalnya MPR merupakan lembaga tertinggi di Indonesia. Namun, setelah reformasi dan perubahan UUD 1945 yang dilakukan 1999 – 2002, MPR tidak lagi menjadi lembaga tertinggi, melainkan sejajar dengan kedudukan lembaga tinggi negara lainnya seperti DPR, DPD, Lembaga Kepresidenan, Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil amandemen UUD 1945, MPR tidak lagi sebagai lembaga tertinggi negara melainkan lembaga tinggi negara. Kewenangan dan tugas MPR di antaranya melantik presiden dan wakil presiden terpilih, dan tugas mensosialisasikan Empat Pilar MPR

Dahulu sebelumnya, nama Empat Pilar MPR RI dinamai dengan Empat Pilar Kebangsaan, tapi sekarang diganti dengan Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Dari empat pilar ini, setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks berbeda, walau prinsipnya Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara kedudukannya berada di atas tiga pilar lainnya,” bebernya.

Uluputty juga mengingatkan, masa depan bangsa berada di pundak generasi muda saat ini. Oleh karena itu, dirinya meminta agar para kader PKS agar bersemangat menerapkan empat pilar tersebut di dalam kehidupan sehari-hari. (***)

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *