Next Post
Minggu, 7 Maret 2021

PMII Maluku Gelar Muspimda dan PKL Perdana di Kota Ambon

IMG-20201220-WA0000

Share this:

Ambon, Kabarnyata.com– Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Maluku, menggelar Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspimda) dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) ke-II di Kota Ambon.

Kegiatan diadakan selama dua hari mulai 19 – 20 Desember 2020 di Universitas Pattimura Ambon.

Hal tersebut diungkapkan Mabinda PKC PMII Maluku, Moh Asmin Matdoan saat membuka secara resmi Muspimda PKC PMII Maluku di Universitas Pattimura Ambon, Sabtu (19/12/2020).

“Kegiatan ini sangat produktif, yang mana para pemuda dan pemudi berkumpul dalam hal ini PKC PMII Maluku mampu untuk dapat melaksanakan kegiatan Muspumdan dan Pelatihan Kader Lanjut,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Matdoan, Dengan sorotan tema “Merumuskan Studi Gerakan Untuk Menghadapi New Normal” hal ini untuk mengatasi semua masalah di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” pungkasnya.

Matdoan mengatakan, Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi garda terdepan untuk menyatukan kembali apa yang tercabik-cabik karena perbedaan pendapat dan masing-masing mempertahankan ego.

“Kita harus bisa menjaga ke Ukhuwah, Wathaniyah dan Insaniyah,
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang terpenting Muspimda PMII Maluku bermanfaat untuk bangsa dan Negara,” ujarnya.

Sementara Komisioner KPU Kota Ambon M.Z Arifin Matdoan saat menghadiri kegiatan tersebut berharap dengan di gelar Muspimda ini dapat memberikan manfaat bagi generasi di tanah Maluku.

“Dari Muspimda PMII ini bermanfaat untuk bangsa dan negara khususnya setiap golongan masyarakat dan selalu sukses,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua PKC PMII Maluku Inda Ulfa Mansyur Mengungkapkan, PMII Maluku yang merupakan organisasi harus mempunyai modal keislaman, maka nilai-nilai keislaman tersebut harus ditanamkan pada diri kader-kader PMII.

“Muspimda ini sangat bagus karena merumuskan metode pengkaderan baru, apalagi PMII adalah organisasi pergerakan maka diperlukan aktualisasi dalam pengkaderan,” katanya.

Selain itu, Sekretaris Korcab PMII Maluku Abas Wahid Rabrusun berpesan Islam itu Aqidah dan Syari’ah, maka dari itu harus dijadikan dasar untuk kader-kader PMII. Aqidah tersebut mengandung nilai-nilai keimanan dan keimanan ini mutlak 6 perkara yaitu rukun iman.

“Sedangkan Syari’ah merupakan komponen ajaran Islam yang mengatur tentang kehidupan seorang muslim baik dalam bidang ibadah maupun dalam bidang muamalah yang merupakan aktualisasi dari akidah yang menjadi keyakinannya,” katanya.

Wakil Sekretaris PKC PMII Maluku
Dedy Hardianto Bugis Menuturkan, Aqidah, Syari’ah, dan satu lagi yaitu Akhlak merupakan trilogi ajaran Ilahi yang menempati posisi yang sangat sentral dalam ajaran Islam.

Ketua Panitia Muspimda PKL PMII Maluku yang juga Ketua III PKC PMII Maluku Bidang Keagamaan Dzulfikry Fikhar Fikram Rumatiga pada kesempatan itu Mengungkapkan tanpa pengamalan ketiga hal ini, tidak akan mungkin kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk ini bisa aman, tentram, dan sesuai dengan tuntutan ideal agama.

Menurutnya, Aqidah, Syari’ah, dan Akhlak idealnya bisa menjadi terilogi ajaran Ilahi yang dapat terealisasi dalam kehidupan beragama dan kehidupan sosial seorang muslim secara utuh.***KN-04

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

IKLANNN

Recent News