Next Post
Kamis, 21 Oktober 2021

Pemancangan Tiang Alif Masjid di Desa Suru Diwarnai Prosesi Adat

1

Share this:

BULA, Kabarnyata.com- Pemancangan tiang Alif pada Mesjid Nurul Aini Desa Administratif Suru, Kecamatan Siritaun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Minggu 27 Desember 2020, pukul 05:00 WIT berjalan lancar.

Sebelum pemancangan tiang alif diatas kuba Masjid Nurul Aini, Diawali dengan sejumlah prosesi adat dan agama salah satunya, masyarakat berjalan mengelilingi kampung dengan tiang Alif kemudian diserahkan kepada, para tukang yang telah ditentukan untuk memasang tiang Alif.

Sejumlah Pejabat daerah turut hadir menyaksiksan acara langka tersebut. diantaranya, Asisten II Setda Pemkab SBT Idris Boufakar mewakili Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, bersama sejumlah Pimpinan OPD, Wakil Ketua DPRD SBT Agil Rumakat, Ketua Komisi B DPRD SBT Ismail Rumbalifar, Wakil Ketua Komisi C DPRD SBT Samad Rumakabis, Pimpinan dan staf Kemenag SBT, Camat Siritaun Wida Timur Abdul Mukti Kelrey.

Ketua Panitia Pembangunan Mesjid Nurul Aini Desa Administratif Suru Ali Fauz Rumuar dalam laporanya menyampaikan, Pemasangan tiang Alif tersebut adalah rahmat yang di berikan oleh Allah SWT dan memiliki nilai spiritual dan gotong-royong dalam pembangunan masjid dapat berkontribusi untuk dapat menjadi sentral peribadatan sekaligus tempat pembinaan umat dalam meningkatkan ketaqwaan dan keimandan.

Dikatakan Rumuar, Pembangunan masjid juga berdampak pada masyarakat dalam membangun ukhuwah islamiah di Kabupaten SBT yang merupakan negeri raja-raja, terutama masyarakat kecamatan Siritaun Wida Timur dan terkhusus lagi masyarakat Desa Administratif Suru dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta mendekatkan diri kepada nya.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat desa Suru Kecamatan Siritaun Wida Timur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada bas (tukang mesjid) dan mandor pembangunan masjid,” ucap Rumuar.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD SBT Samad Rumakabis, yang juga merupakan anak negeri Desa Administratif Suru dalam samutanya mengajak masyarakat mengucapkan alfatihah untuk almarhum Salim Rumaru yang merupakan salah satu tukang mesjid yang dipanggil Allah beberapa bulan yang lalu.

“Terima kasih atas kehadiran tamu undangan dari semua pihak yang diundang maupun tidak diundang, proses pembangunan mesjid kurang lebih empat tahun yang diawali dengan swadaya masyarakat Desa Suru,” terang Rumakabis.

Selain itu, Putra terbaik perawakan Suru itu merasa bangga dan terharu atas antusias masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut serta berterima kasih kepada Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang atas perhatiannya kepada seluruh masyarakat Suru terutama dalam pembangunan Masjid Nurul Aini Desa Administratif Suru.

“Memberikan Aspirasi tahun 2020 sebanyak 200 juta, dan di tahun 2021 mendatang akan memberikan tambahan aspirasinya kepada panitia pembangunan Masjid Nurul Aini Desa Suru sebanyak 300 juta,” ucap Rumakabis.

Politisi PAN SBT ini berpesan kepada masyarakat yang hadir pada kesempatan itu bahwa pilkada telah usai sehingga tetap menjaga kebersamaan dan kekeluargaan kita sesama masyarakat guna menjaga dan membangun desa Suru agar lebih baik di tahun-tahun yang akan datang.

“Meminta maaf kepada masyarakat Suru terutama bas dan tukang masjid. Berterimakasih kepada danramil seram timur atas sumbangsinya atas pembangunan masjid,” pungkas Rumakabis.

Di tempat yang sama Bupati SBT yang diwakili oleh asisten II Setda Pemkab SBT Idris Boufakar dalam sambutanya menyampaikan, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak panitia, donatur dan warga masyarakat Desa Suru atas kontribusi, partisipasi dan kekompakannya, sehingga proses pembangunan Nurul Aini ini dapat berjalan dengan lancar hingga pada prosesi pencanangan tiang Alif hari ini.

Boufakar juga menyampaikan, Pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten SBT menghasilkan Pemilukada yang berkualitas aman dan damai dari Pemilukada sebelumnya.

“Jangan saling mengejek, sebab dapat memperuncing hubungan kekeluargaan dan kekerabatan kita masyarakat,” katanya.

Selain itu Boufakar mewakili Bupati SBT dalam sambutan itu juga menghimbau bahwa telah dikeluarkan edaran terkait larangan berkerumun dimalam tahun baru 2021 dimasa pandemi, sebab edaran tersebut dibuat untuk mencegah penyebaran Virus Corona di SBT.

“Saya berharap agar selamanya covid-19 tidak menular di seantero SBT, dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan. sehingga kita semua mempertahankan status zona kuning yang disematkan kepada SBT dimasa pandemi ini,” kata Boufakar.

Pesan dari Plt Kepala Kemenag SBT Moksen Mahu, bahwa pembangunan masjid hanya milik Allah, sehingga diharapkan agar pembangunan masjid dapat membawa kita dalam keadaan ketaatan kepada Allah SWT, dengan memakmurkan masjid.

“Meminta agar setiap masjid memiliki remaja masjid, dan meminta masyarakat untuk membiasakan anak-anak nya dalam memakmurkan masjid,” tutup Mahu.*** KN-04

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

musyawarah key

Recent News