Next Post
Kamis, 21 Oktober 2021

Mengantar Senja dan Pasir Putih di Pulau Gova SBT

Baim 3

Share this:

Bula, Kabarnyata.com – Ombak yang cukup besar memecah keriaan para nelayan di Pasir Panjang Pulau Gova, Bumi Ukar Sengan, sore itu. Di temani perahu dan peralatan pancing, mereka asyik menunggu terjangan ombak yang bersahutan.

Siapa yang tak menyukai keindahan pantai, melihat air laut yang membentang luas. Cahaya matahari memantul di birunya air sehingga menciptakan warna warni yang menabjubkan di permukaan air.

Dengan khas Pasir Putih dari Pulau Gova, selalu menjadi magnet bagi orang-orang yang melihatnya, pantai yang bersih, hamparan pasir yang halus tidak berkerikil sama sekali sehingga aman bagi anak-anak ataupun orang dewasa bermain pasir.

Wisata kekinian sepertinya tak bisa dipisahkan dari lensa kamera. Maka tak jarang kita jumpai orang yang mengabadikan momen berwisatanya dengan berfoto. Dalam bidikan kamera, foto dengan latar tempat tertentu seringkali menjadi pertimbangan untuk diunggah di media sosial.

Keindahan Pulau Gova bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang memiliki banyak spot foto menarik. Untuk diketahui, Pulau ini berhadapan langsung dengan Desa Administratif Akat Fadedo dan desa sekitar pulau tersebut diantara Negeri Urung dan Desa Administratif Ainena, Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku.

Menjangkaunya dengan berkendara laut dan darat dari pusat ibu kota kabupaten, Bula menuju Pulau Geser. Lalu dilanjutkan mengarungi laut dengan menggunakan speed boat sekitar 15 – 20 menit. Bisa juga lewat jalur darat sampai di Desa Administratif Akat Fadedo kemudian dilanjutkan dengan menggunakan speed boat dengan jalur tempuh sekitar 4 – 5 menit.

Pulau Gova, mungkin bagi pecinta wisata nama tersebut nampak asing di dengar. Jangankan anda yang tinggal di luar Pulau Gova, warga Kabupaten SBT sendiri pun masih banyak yang tidak tahu tentang keberadaan pulau yang tak berpenghuni ini.

Selain memiliki keindahan senja Pulau Gova juga memiliki spot berupa pantai pasir putih, air laut bening, dan deburan ombak kecil tersaji di sini.
Terdapat pula panorama Gunung Teri yang menjulang tinggi di persada bumi yang berjuluk Ukar Sengan tersebut.

Karang yang dikelilingi laut dangkal, dan rerimbun pepohonan khas pantai yang dibelai angin Laut Banda dan menarik lagi yaitu di Pulau Gova juga banyak terdapat burung pombo pulai yang begitu unik ini juga bisa terlihat di tengah perbatasan Kilmury dan Seram Timur, dari Pulau Gova kita di suguhkan dengan panorama alam dari Gunung Terri di Bumi Ukar Sengan yang menjulang tinggi di barat matahari terbenam serta Gunung Dois di antara Ainena dan Urung yang menjadi markas penjajahan Jepang pada saat itu.

Aktivitas masyarakat lokal akan menjadi pelengkap catatan perjalanan di Pulau Gova dimana Masyarakata Ainena, selain melaut keseharian masyarakat setempat di pulau ini juga berkebun seperti menanam kelapa, mangga, cili bahkan terong dan tanaman lainnya.

Pulau Gova yang terbilang landai ini juga selain memiliki terumbu karang yang masih terjaga, ditambah pula suguhan suasana yang hening sehingga wisatawan dapat bersantai dan jauh dari keramaian.

Berkeliling di pulau ini juga tak kalah serunya, karena panorama alam sekeliling pulau masih perawan dan belum terjamah oleh pembangunan tangan manusia. Selanjutnya, di sore hari, menjelang petang, pengunjung kembali akan dimanjakan oleh silau panorama alam sunset dari balik pepohonan dan batu karts hitam di ujung Pulau Gova.

Pulau Gova adalah pulau kosong tanpa penghuni, tidak akan anda temukan fasilitas apapun di Pulau Gova seperti gazebo, toilet, warung, apalagi ATM atau minimarket. Bahkan fasilitas dermaga untuk menambatkan perahu jelajah pun tidak tersedia. Jika ingin berlabuh, perahu menambatkan badannya di pinggiran pasir pantai Pulau Gova. Jadi jangan berharap banyak untuk fasilitas di pulau ini terkecuali yang disediakan oleh alam, pasir putih, pantai, air laut yang bersih dan jernih, terumbu karang dan keanekaragaman biota lautnya. Semuanya adalah fasilitas yang disediakan oleh Tuhan semesta alam untuk kita, patut dan layak untuk kita jaga bersama.

Bagi pecinta wisata yang ingin kesini ada baiknya jika Anda membawa peralatan snorkling sendiri, karena habitat laut yang bisa kita temui di Pulau Gova ini nampak indah rupawan dan ragam bentuk ikan hias nan cantik. Pasti Anda sudah bisa membayangkan betapa nikmatnya berlibur ke Pulau Gova ini. selamat bertualang ke Pulau Gova, semoga pengalaman dari kami cukup membantu.**** Baim Abdullah Rumadaul

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

musyawarah key

Recent News