Next Post
Selasa, 20 April 2021

Kakanwil Agama Tatap Muka Bersama Puluhan Orang Tua Siswa Madrasah di Tual

Kanwil agama 1

Share this:

 

Langgur, Kabarnyata.com– Dalam kunjungan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, menyempatkan diri bertemu dengan para siswa madrasah, orang tua, dan tenaga pendidik.

Dalam silaturahmi melihat perkembangan pendidikan madrasah di wilayah ini,  H. Jamaludin Bugis, S.Ag, mengajak seluruh siswa madrasah  memilih lembaga pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, sebagai tempat melanjurtkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

” Mempersiapkan masa depan itu pilihan utama dari proses  dan tahapan pendidikan secara berjenjang, sebagai lembaga pendidikan umum berciri khas agama saya mengajak agar seluruh lulusan madrasah dapat memilih IAIN Ambon, sebagi pusat studi pendidikan tinggi Islam  di Maluku,  Demikian disampaikan Kakanwil dihadapan para siswa tenaga kependidikan dan orang tua murid di Madrasah Aliyah Negeri Maluku Tenggara, Kamis (18/03).

Menurut Kakanwil, pihak Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, yang memayungi seluruh lembaga pendidikan madrasah di Maluku, dan IAIN Ambon sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berpayung di bawa Kementerian Agama RI, telah mengadakan kerjasama dalan proses pengembangan SDM pada bidangan pendidikan Islam di Maluku.  Bentuk kerjasama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag dan Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin.

Pihak Rektorat IAIN Ambon membuka diri  menerima seluruh lulusan madrasah yang tersebar di Maluku untuk mengeyam studi dilembaga pendidikan tinggi dengan julukan “kampus hijau” di Kota Ambon ini.  IAIN menwarkan berbagai program pendidikan secara berjenjang, dengan banyak pilihan program studi spesifikasi keilmuan, yang  Fakultas Dakwah Ushuludin, (Komuniasi)  Fakultas Syariah, Muamalah, dan Fakultas Tarbiah Pendidikan. ” Auput kualitas dari IAIN Ambon tidak perlu diragukan, tenaga guru di madrasah ini,  dan saya secara pribadi bisa menjadi sampel kualitas lulusan di lembaga pendidikan tinggi ini,” ujar Kakanwil.

Para siswa madrasah merupakan aset yang akan mengambil peran mengisi pembangunan dimasa mendatang. Dalam meraih impian dan cita-cita dibutuhkan proses pendidikan secara berjenjang, mulai dari MI, MTs, dan MA,  untuk mematangkan pemahaman dan pengeuasaan ilmu pengetahuan secera spesifik maka idealnya seluruh peserta didik yang ingin melanjutkan studi ke pendidikan tinggi harus memilih  IAIN Ambon, sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang memiliki pesifikasi khusus seseuai program studi yang dipilih,

” Jika ingin menjadi tenaga pendidik, kalian bisa memilih fakultas tarbiyah, atau ingin menjadi pengacara atau perbankan, bisa masuk ke Fakultas Syariah, dan jika ingin menjadi ahli komunikasi massa bisa fokus memilih  Fakultas Dakwa dan Usuhuldin. IAIN Ambon telah mebuka diri dan ini kesempatan bagi seluruh siswa madrasah di Maluku,” kata Kakanwil.

Hadir pada kegiatan ini, Kabid Pendidikan Madrasah, H. M Yasir Rumadul, Kepala Seksi Kurikulum Kemenag Maluku, Drs. Sirajudin Mahubesi M.Pd, Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Maluku, Abd Karim Rahantan, S.Ag, Kasubbag FKUB Kanwil Kemenag Maluku, Nadhira Putuhena,S.Sos. dan Kepala Madrasah Aliyah Negari Maluku Tenggara,  Abdullah Rumra. ** Inmas-ASA

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *