Next Post
Jumat, 30 Juli 2021

“Bacarita” Generasi Muda Katolik, Kakanwil Sebut Generasi Muda Adalah Investasi Pembangunan

Orangjpg

Share this:

Langgur, Kabarnyata.com– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag tampil “bacarita” bersama generasi muda Katolik di Kabupaen Maluku Tenggara.

Bacarita dalam rangka pembinaan itu dihadiri puluhan peserta didik dari kalangan muda Katolik. hadir pula Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Maluku,  Bernard Fanulenedan,  Sekretaris Keuskupan Amboina, RD. Inno Ngutra, dan Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, berlangsung di gedung Katolik Center, Kota Langgur,  Kamis (18/03)

Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan  Generasi Muda adalah investasi bagi pembangunan, sebagai pewaris pembangunan, dituntutn memiliki  cita-cita dan visi pengembangan diri sebagai individu yang memiliki kualitas. Generasi hari ini harus jauh berbeda dengan genarasi kemarin,  ” Kualitas manusia bukan cuma menguasai ilmu pengetahuan alam, tapi harus dimbangi dengan kemampuan iman atas keyakinan ajaran agama.  ” ujar Kakanwil.

Anak-anak saat ini berada dalam zaman yang mewajibkan mereka menguasai teknologi, dalam situasi pandemi covid-19 aktifitaas masyarakat dihadapkan dengan situasi yang jauh berbeda. Musibah pandemi  memberikan pelajaran  bagi manusia meningkatkan pengetahuan mengusai teknologi dan sistem komunikasi. ” Pandemi berdampak negatif, tapi masa ini memberi kita pelajaran, untuk harus menguasai teknologi informasi, jika tidak maka pasti kita akan tertinggal” kata Kakanwil.

Kakanwil berharap agar seluruh generasi di kabupaten yang kaya akan khasana budaya ini, untuk tetap melestarikan kearifan lokal. Agama dan Budaya tidak bisa dipisahkan dalam tradisi masayarakat di bumi yang dikenal dengan semboyan Ain ni Ain ini.

” Warisan leluhur, seperti bahasa daerah harus dilestarikan genarasi muda jangan ditinggalkan karena itu adalah ciri dan kekuatan yang  membedakan kita dengan wilayah lain di Indonesia terkhususnya Maluku, ” jelas Kakanwil.

Ditempat yang sama  Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Maluku,  Bernard Fanulenedan, mengatakan kegiatan yang melibatkan kelompok pelajar ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi emas Katolik di wilayah Maluku Tenggara dalam menghadapi perubahan dan tatangan jaman dimasa mendatang. 

Sekretaris Keuskupan Amboina, RD. Inno Ngutra, memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, yang dalam implementasi program kerja, tidak hanya terfokus pada pengembangan umat secara internal. Tapi selalu mengedepankan  agenda untuk melibatkan masyarakat lintas agama bertemu dalam forum-forum kerukunan umat beragama. ” Sebagai orang gereja Inno  mengapresisai atas segela sesuatu yang telah diberikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, yang telah memberikan perhatian secara khusus kepada anak-anak katolik dan cerama umum selalu tampil memediasi pertemuan lewat forum silaturrahmi lintas agama bersama antara anak-anak katolik dengan pemeluk agama lain,” jelas  Inno Ngutra.*** Inmas

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

IKLANNN

Recent News