Next Post
Minggu, 7 Maret 2021

Pemprov Jawa Barat Buka Peluang Investasi di Sektor Pariwisata

kampsuljpg

Share this:

Pemprov Jawa Barat berupaya membangkitkan kembali sektor pariwisata sebagai lokomotif ekonomi Provinsi Jabar. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membuka pintu investasi proyek sarana penunjang pariwisata. Melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jasa Pariwisata Jabar atau Jaswita (Perseroda), berbagai sarana penunjang pariwisata ditawarkan kepada calon investor, mulai hotel kapsul hingga hotel bintang lima.

Direktur Utama Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, dalam market sounding West Java Investment Summit (WJIS) 2020 pada 16-17 November kemarin, sejumlah proyek penunjang pariwisata ditawarkan.

Bahkan, sebagian di antaranya sudah berwujud kesepakatan yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama (PKS). Proyek penunjang pariwisata tersebut, di antaranya pembangunan hotel kapsul di Kota Bandung senilai Rp7,2 miliar. Video Momen HT Lepas Angela Tanoesoedibjo Bertugas sebagai Wamenparekraf Kemudian, pasar kreatif Cikutra Kota Bandung Rp212 miliar, kawasan ekowisata Hejo Forest di Ciwidey Kabupaten Bandung Rp6,5 miliar, dan pembangunan pondok seni Pangandaran Rp12,9 miliar.

Tidak hanya itu, kata Deni, melalui kolaborasi dengan BUMD milik Pemprov Jabar lainnya, yakni PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) dan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Jaswita Jabar juga berkomitmen membangun hotel bintang lima hingga fasilitas meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) senilai Rp661,9 miliar. “Investasi proyek sarana penunjang pariwisata ini sejalan dengan visi pembangunan Jawa Barat, yakni menjadikan pariwisata sebagai lokomotif ekonomi dan selaras dengan visi Jaswita Jabar, yakni menjadi perusahaan unggulan di bidang pariwisata 2025 mendatang,” kata Deni di Bandung, Kamis (19/11/2020).

Menurut Deni, selain menawarkan proyek infrastruktur penunjang pariwisata, pihaknya juga sukses menuangkan komitmen kerja sama melalui PKS, di antaranya dengan PTPN VIII terkait pengelolaan kawasan wisata Ciater dan Dinas Pariwisata (Disparbud) Jabar terkait pengembangan dan pengelolaan pondok seni di Pangandaran.

Selain itu, perjanjian kerahasiaan (non disclosure agreement) dan PKS antara Jaswita Jabar dengan PT Kinerja Pay Indonesia untuk pembangunan proyek penunjang pariwisata di Jabar serta perjanjian pendahuluan kerja sama pengembangan dan pengelolaan Hejo Forest Eco Tourism dengan PT Bina Wana Lestari.

Adapun kerja sama proyek hotel bintang lima dan fasilitas MICE di kawasan Bandara Kertajati yang disepakati, jelas Deni, BIJB sepakat menyediakan lahan untuk pembangunan hotel bintang tiga, bintang lima, dan fasilitas MICE. Adapun Jaswita Jabar menjadi pelaksana pembangunan dengan dukungan pembiayaan bank bjb serta investor swasta. Sejumlah proyek penunjang pariwisata yang bakal dibangun tersebut, lanjut Deni, ditawarkan kepada investor dengan model pendanaan berupa pinjaman lunak, kemitraan strategis, maupun investasi langsung. Skema bisnisnya pun bervariasi, mulai dari pengelolaan langsung oleh Jaswita Jabar maupun kerja sama pengelolaan dengan mitra investor.

Semua proyek ini, kata Deni, ditawarkan kepada investor karena pihaknya tidak mungkin mampu membiayai seluruh proyek tersebut. “Dalam kondisi perekonomian yang terdampak COVID-19, salah satu opsi pembiayaan yang paling memungkinkan adalah dengan mengundang investor untuk bersama-sama membangun proyek pendukung pariwisata ini bersama-sama,” ujarnya.

Deni menuturkan, jalinan kerja sama yang dibangun juga menjadi wujud komitmen Jaswita Jabar untuk turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur, khususnya yang terkait dengan industri kepariwisataan di Provinsi Jabar.

Artikel ini telah tayang di jabar.inews.id dengan judul ” Pemprov Jawa Barat Buka Peluang Investasi di Sektor Pariwisata “, Klik untuk baca: https://jabar.inews.id/berita/pemprov-jawa-barat-buka-peluang-investasi-di-sektor-pariwisata/all.

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

IKLANNN

Recent News