Next Post
Senin, 2 Agustus 2021

10 Tips Olahraga di Tempat Umum Saat Pandemi Covid-19, Ayo Bangun, Jangan Mager!

390330306

Share this:

Olah raga ditenga-tengah masa Pandemi Covid-19 harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan.

Terutama bila dilakukan diruang publik. Namun dalam kondisi saat ini, tubuh harus tetap fit. Untuk itu, kita harus pintar-pintar menyiasatinya.

Berikut Jurnal Gaya merangkum 10 tips berolah raga di tempat umum yang bisa Anda lakukan.

1. Sebelum melakukan olahraga di luar rumah, pastikan tubuh kalian dalam keadaan sehat tanpa gangguan seperti batuk, demam, pilek,  nyeri tenggorokan, sesak nafas. 

Jika mengalami gangguan kesehatan pastikan kalian tetap melakukan olahraga ringan di rumah. Hingga tubuh merasa baikan maka olahraga bisa dilakukan di ruang publik.2. Hindari kegiatan olahraga yang membutuhkan kontak fisik dengan orang lain. Untuk menghindari tertular Covid-19, sebaiknya kita memang mengurangi atau mencegah agar tidak kontak fisik dengan oranglain ketika berolahraga. Bisa memilih jenis olah raga mandiri seperti jogging maupun sepeda seorang diri.

3. Tetap terapkan aturan menjaga jarak dengan orang lain saat melakukan olahraga di luar rumah.

Meski harus melakukan olahraga dengan teman atau oranglain, tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Sebaiknya melakukan olah raga bersamaan tidak dikerjakan di dalam ruangan seperti Gym atau yang lainnya.

4. Gunakan masker saat berolahraga.

Nah, olahraga yang dapat kalian lakukan dengan menggunakan masker adalah olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang atau olahraga yang masih memungkinkan kita untuk berbicara. Sebaiknya tetap menggunakan masker untuk mencegah resiko penularan

5. Tetap jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun serta menggunakan handsanitiser sebelum dan sesudah berolahraga.

Sebaiknya sebelum berpergian berolah raga kita siapkan perlenngkapan standar protokol kesehatan seperti masker dan handsanitizer. Sehingga setelah selesai berolah raga dan hendak melakukan aktivitas lainnya bisa menggunakan handsanitizer terlebih dahulu.

6. Hindari menyentuh area wajah saat sedang berolahraga.

Terutama usai menggunakan alat olahraga di tempat umum. Sebaiknya saat berolahraga membawa handuk kecil dan bila membasuh keringat tidak langsung bersentuhan dengan kulit tangan melainkan bisa
menggunakan handung kecil tersebut.

7. Membawa botol minum sendiri atau peralatan pelengkap lainnya sendiri. Sebaiknya sejak dari rumah Anda menyiapkan tumbler atau tempat minum sendiri agar tidak bercampur atau bersentuhan dengan peralatan minuman orang lain.

8. Tidak makan disembarang tempat seusai olah raga

Selama berolah raga sebaiknya jangan makan dan minum disembarang tempat karena mengingat tingkat higienisnya tidak kita ketahui.

9. Sesudah berolahraga, segera mencuci tangan, mandi dan mengganti pakaian yang digunakan saat berolahraga di tempat umum.

Sesaat setelah sampai di rumah, semua pakaian yang digunakan untuk
olah raga tadi untuk langsung dicuci dan mandi kemudian mengganti baju
yang bersih.

10. Jika perlu, kalian bisa membersihkan alat-alat olahraga serta
barang-barang yang dibawa ke tempat umum dengan desinfektan ketika
sampai di rumah.

Kolam Renang Zamzara Mamben Lauk, Lokasi Kumpul Keluarga dan belajar Renang Instagram/@rinymaysa8

Untuk menghindari menempelnya virus, bisa dibersihkan dengan desinfektan agar ketika hendak dipakai kembali sudah bersih higienis. 

Itulah 10 tips bila kita berolahraga diruang publik disaat masa Pandemi Covid-19 agar tidak tertular. Mencegah lebih baik daripada
kita terinveksi. ***

sumber : https://jurnalgaya.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-80977991/10-tips-olahraga-di-tempat-umum-saat-pandemi-covid-19-ayo-bangun-jangan-mager?page=3

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

IKLANNN

Recent News