Next Post

BANGGA TANAM 1 POHON CENGKEH

2D2F241B-D470-4DEF-9D13-05D092CA1481

 

KABARNYATA.COM—-Saadiyah Uluputty, Anggota DPR RI menyerahkan  anakan Cengkeh Tuni  kepada Masyarakat Petani di Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, dilansir dari Akun Saadiyah Uluputty, Sabtu,6 Januari 2024.

Saadiyah menelusuri Negeri-negeri yang ada di seantero Maluku dengan Program-Program jeniusnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah. 
Simak Tulisan Anggota DPR RI Saadiyah Uluputty dalam fb 6/1/2024

Jangan remehkan 1 pohon cengkeh. Dari sini kehidupan bermula. Meremehkan 1 pohon cengkeh sama saja dengan meremehkan kehidupan orang Maluku. Karena pohon ini adalah anugerah yang Allah berikan untuk Maluku.
Dia tumbuh dan menjadi tanaman endemik ditanah pusaka ini. Dari pohon ini banyak orang Maluku bisa sekolah, bangun rumah dan naik haji.
Dari pohon ini lahirlah jenderal, rektor, DPR, dokter, dosen, guru, tenaga medis, polisi, tentara, bidan, perawat, pegawai dll.

Cengkeh harus tetap menjadi tanaman yang dijaga dan dikembangkan agar tidak punah. Memberi 1 pohon kepada 1 orang untuk dinanam lebih mulia daripada hanya bicara. Dalam faktanya banyak pohon cengkeh ditanah Seram mati diserang hama dan penyakit. Kunjungan beta ke Seram Selatan terkonfirmasi dengan aspirasi dari masyarakat seram selatan agar ada kajian dan solusi dari pemerintah. Begitupun saat kunjungan ke batabual di Pulau Buru dan ke oki Buruselatan. Terakhir saat berkunjung ke Buria di kec Taniwel petani mengeluh soal itu.

Akankah pohon cengkeh ini dibiarkan hilang dari tanah pusaka, Maluku Tercinta ? Jangan biarkan para datuk menangis karena kita tidak peduli dengan menanam kembali tanaman yang pernah mereka tanam. Jangan biarkan rahmat Allah hilang dari bumi Maluku karena ketidakpedulian pemerintah untuk menata ini.

Jika bangsa eropa saja berlayar mengarungi samudera luas melewati berbagai negara untuk bisa sampai di Maluku mengejar cengkeh, lalu kita abai dan malu memberi 1 pohon cengkeh kepada petani ? Apakah malu dibilang anggota DPR RI bagi 1 pohon cengkeh ? Beta seng malu …Bahkan beta bangga masih bisa bagi 1 pohon cengkeh kepada masyarakat terkhusus petani.

Ayo tanam cengkeh, bermula dari 1 pohon 👍 ( KN-AS01)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Saadiah Uluputty, ST
Anggota Komisi IV DPR RI FPKS
Caleg DPR RI DAPIL MALUKU
LANJUTKAN PERJUANGANMU 👍

Bagikan :

Kabar Nyata

Related posts

Newsletter

SAID PERINTAH MASOHI

Recent News