Next Post
Sabtu, 15 Mei 2021

Polda Maluku Gencar Sosialisasi Prokes dan Sterilisasi Covid-19

Sosialisasi

Share this:

Ambon, Kabarnyata.com- Belasan orang personel yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II Polda Maluku, atau Penanganan Covid-19, kembali dikerahkan di Kota Ambon, Rabu (3/2/2021).

Tim yang dikerahkan bertujuan untuk sosialiasi Protokol Kesehatan (Prokes), patroli keamanan jalan raya, penjagaan tempat penyimpanan vaksin, serta melakukan sterilisasi sejumlah kawasan dengan cara penyemprotan disinfektan.

Belasan tim operasi Aman Nusa II yang diterjunkan berasal Satuan Brimob, Samapta, Binmas dan Humas Polda Maluku. Mereka ditugaskan menyasar sejumlah tempat rawan penyebaran virus pandemi di pemukiman penduduk dan fasilitas umum di Ibukota Maluku ini.

“Setiap personel agar mempedomani program bapak Kapolri saat ini, selalu jaga jarak aman saat melaksanakan tugas,” pinta AKBP J Wattimena, pimpinan Ops Aman Nusa II Polda Maluku, dalam arahannya pada apel kesiapan dan pengecekan tim operasi.

Ia meminta setiap personel dalam menjalankan tugas agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak aman dan mencuci tangan. Sebab, saat ini grafik penularan covid-19 semakin meningkat.

“Keselamatan diri personil adalah yang utama, jangan sampai kita menghimbau masyarakat untuk taat terhadap protokol kesehatan namun diri kita sendiri yang tidak aman,” pintanya.

Untuk diketahui, penyemprotan cairan disinfektan terdiri dari personil Sub Satgas Brimob Polda Maluku. Penyemprotan melibatkan 10 personel Subden III KBR Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku. Tim dipimpin perwira pengendali Iptu A. Manulang.

Lokasi penyemprotan hari ini mulai dari kawasan pemukiman penduduk, maupun fasilitas umum. Yaitu kawasan Pemukiman Air Mata Cina, Pangkalan Ojek Mangga Dua, Batu Gantung Dalam dan Ganemo, RSUD Haulussy Kudamati, Jalan Dr. Malaihollo, Kawasan Lapak Pedagang dan Taman Air Salobar.

Selain itu, personel juga melakukan penyemprotan di Kawasan Jalan Dr Siwabessy dan Pertokoan Air Putri, Pangkalan Ojek Air Putri dan Jalan Dr. Sitanala, Sultan babullah dan Jl. A.Y. Patty, Samratulangi, Selamet Riyadi, Jendral Sudirman, RSUP Dr J Leimena, Puskesmas Passo, Puskesmas Lateri dan Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Sementara untuk personil Subsatgas Direktorat Samapta Polda Maluku melaksanakan patroli dan pengaturan arus lalulintas. Sasarannya Kawasan Mapolda Maluku, Batu Meja, Urimesing, Tugu Trikora, Pohon Pule, Kampung Kolam, Batu Gantung, RSUD Haulussy Kudamati, Air Salobar, Wainitu, dan Talake.

Tim juga melakukan pengaturan arus lalulintas di kawasan Waihaong, perempatan depan Masjid Alfatah, Pelabuhan Yos Sudarso, pasar Mardika,  Ongko Liong, JMP Galala, JMP Poka, pangkalan speedboat Kota Jawa, Poka Rumah Tiga, Waiheru, Pasar Passo, Mall ACC Passo, Pelabuhan Fery Galala, Kebun Cengkeh, BTN Manusela, BTN Kanawa, Belakang Soya, Jalan Pattimura, Perempatan Polsek Sirimau, Amplaz, Jalam AY. Patty, AM. Sanggaji dan kawasan depan RS GPM Ambon.

Sedangkan untuk Direktorat Binmas Polda Maluku di bawa perwira pengendali AKBP J Wattimena melaksanakan sosialisasi dan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat di kawasan Waihaong, Taman Ria dan sekitarnya.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, menambahkan, operasi Aman Nusa II saban hari dilaksanakan. Harapannya, kegiatan ini bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Kami berharap kegiatan sosialisasi dan sterilisasi kawasan rawan penularan Covid ini bisa membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid di Maluku secara umum dan Kota Ambon khususnya,” harap Rum.***KN-02

Kabar Nyata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *